Senin, 24 Desember 2012

SURGA KALIMANTAN TIMUR


SURGA KALIMANTAN TIMUR
Seluruh pantai di perairan Kepulauan Derawan memiliki pantai pasir putih yang cantik, namun ada beberapa spot yang sering dikunjungi :
Maratua Resort
Maratua Resort
1. Pulau Maratua, terdapat resort yang bagus dan tempat pool bagi kita yg ingin diving, jaraknya sekitar 2 jam dari Tanjung Batu. Konon tempat divingyang bagus terdapat di dekat Maratua ini.
2. Pulau Kakaban, pulau eksotik, karena terdapat laguna yang berubah menjadi danau, karena aksesnya ‘tertutup’ oleh atol sempurna (yang konon hanya ada 2 di dunia ini). Di sini ada Jelly Fish atau Ubur-uburyang tidak menyengat, spesies ini hanya ada 2 di dunia, satu spesies di Kakaban dan satu spesies lagi di luar negeri. Selain itu kalau kita diving, kita akan menemukan berbagai jenis coral dan ikan yang langkaNotehati-hati berenang di sini karena beberapa meter dari pinggiran, katanya langsung palung laut. Jaraknya sekitar 1 jam dari Maratua, 1,5 jam dari Derawan. Tidak ada penduduk atau penghuni pulau.
Bayi Penyu, Pulau Sanglaki
Bayi Penyu, Pulau Sanglaki
3. Pulau Sanglakipulau tempat penangkaran penyu, sebelumnya terdapatresort di sini, namun ijin tidak diperpanjang demi pelestarian penyu. Ada penjaga (3 orang) tetapi tidak ada penduduk. Selain penyu, diperairan ini seringkali nampak ikan pari/manta, terkadang serombongan manta muncul dipermukaan.
4. Pulau Derawansebagai pusat pulaunya di sini terdapat pemukiman penduduk, sekolah, puskesmas, warung makan (sederhana), dan akomodasi penginapan berbagai kelas (dari 50.000 sampai 500.000).Pantai di pulau Derawan sangatlah cantik.
5. Pulau Panjang sebagai tempat yang cukup banyak terumbu karangnya. Menurut Wikipedia: dengan jumlah spesies 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.